Sabtu, 03 Agustus 2013

Perangkat Pembelajaran Periode Tahun 2013-2014 MA Darun Najah Sumbersuko

Assalamu'alaikum. Wr. Wb.

Liburan akhir tahun ajaran 2012/2013 sudah berlalu. Pasti Saudara/Saudari sudah memanfaatkan libur panjang itu dengan baik. Setidaknya dengan berlibur telah menghilangkan kepenatan pikiran selama mengajar di sekolah. Ada juga yang hanya mengisi liburan sekolah sekadar santai di rumah dengan keluarga atau nongkrong bareng teman. Pasti banyak sudah yang dilakukan para pelajar kita dalam mengisi liburan panjang itu.

Tak ada pesta yang tak usai. Tak ada sesuatu yang dimulai dan tak berakhir. Segalanya akan kembali. Sama seperti liburan panjang yang sudah dilalui. Tahun ajaran baru akan segera menyapa kita kembali dengan aktivitas belajar mengajar dengan tingkatan pendidikan yang pasti beda. Apalagi pemerintah tahun ini berencana mulai menerapkan kurikulum baru untuk tahun ajaran 2013/2014. Kira-kira bagaimana ya pendalaman materi pelajaran yang disesuaikan dengan kurikulum baru? Dan sedikit bocoran, Kurikulum 2013 nantinya tidak hanya bersifat kognitif atau hafalan saja, tapi juga mementingkan sikap dan ketrampilan para siswa. Dan ada penyederhanaan beberapa mata pelajaran dengan alasan untuk menyesuaikan pola berpikir setiap siswa.

Diterapkannya kurikulum baru di tahun ajaran 2013/2014 pasti menimbulkan pro dan kontra dari kalangan guru dan siswa. Jika benar ada pelajaran yang disederhanakan dan disesuaikan dengan pola berpikir setiap siswa, pasti banyak siswa yang setuju. Tapi bagaimana jika ada poin lain yang kesannya memberatkan bagi rekan guru dan siswa? Pasti banyak yang menolak diterapkannya kurikulum baru. Kita semua masih menanti keputusan nyata tentang kurikulum baru. Mudah-mudahan kurikulum baru tersebut banyak memberikan manfaat dan tak merugikan siswa dan guru.

Akhirnya, selamat kembali mengisi hari-hari kita di tahun ajaran baru dengan penuh semangat. Juga selamat menghadapi kurikulum baru.



Untuk menyongsong Tahun Ajaran Baru yang akan datang ada baiknya kita sudah memiliki Perangkat Pembelajaran Tahun 2013/ 2014. Waka Kurikulum MA Darun Najah Sumbersuko sudah menyediakan beberapa perlengkapan untuk menyusun perangkat pembelajaran yang bisa Saudara/Saudari download.

Sambil mengisi liburan puasa dan hari raya Idul Fitri disela waktu kita bisa menyusun perangkat pembelajaran untuk Tahun Ajaran 2013/ 2014. Bagi sekolah yang terpilih sebagai penerapan Kurikulum 2013, selamat dan sukses semoga bisa menjalankan Kurikulum 2013 dengan baik. Berikut link download perlengkapan untuk menyusun perangkat pembelajaran 2013-2014.

Terima kasih sudah membaca artikel ini. Selamat men-download dan selamat menyusun perangkat pembelajaran. 

Wassalamu'alaikum.Wr.Wb.


Link Download:
1. ANALISIS ALOKASI WAKTU                       [DOWNLOAD]
2. DAFTAR NILAI                                                [DOWNLOAD]
3. FORMAT RPP                                                  [DOWNLOAD]
4. JURNAL KEGIATAN GURU                           [DOWNLOAD]                           
5. KALENDER PENDIDIKAN                             [DOWNLOAD]
6. KRITERIA KELULUSAN MINIMAL              [DOWNLOAD]
7. PEMBAGIAN TUGAS                                      [DOWNLOAD]
8. PEMETAAN                                                      [DOWNLOAD]
9. PROTA, PROMES                                             [DOWNLOAD]
10. SILABUS                                                         [DOWNLOAD]

0 komentar:

Poskan Komentar

Design by Abdul Munir Visit Original Post Islamic2 Template