Selasa, 31 Desember 2013

SELAMAT TAHUN BARU 2014

Seperti biasa, hampir setiap malam pergantian tahun diiringi dengan hujan. Ya karena memang bertepatan dengan musim hujan yang Insya'Allah berakhir pada bulan maret tahun 2014.

Eh, berbicara mengenai tahun baru 2014 yang akan kita songsong beberapa saat lagi ini, sudahkah Anda mempersiapkan rencana untuk merayakannya? Kalau Anda sudah merencanakan untuk keluar rumah dan menikmati pertunjukan kembang api nanti malam, maka saya doakan semoga tidak batal. Karena memang sekarang lagi hujan. Sampai saya menulis artikel ini, keadaan hujan belum berhenti.

Tapi jika harus batal menikmati malam pergantian tahun di luar rumah ya jangan bersedih dan marah-marah enggak jelas menyalahkan cuaca donk. Perayaan malam tahun baru bisa tetap meriah bersama keluarga di rumah kita masing-masing.

Anda bersama keluarga bisa menyiapkan rencana untuk merayakan tahun baru dengan menikmati kuliner khas keluarga Anda. Atau menonton acara TV di rumah bersama.

Makanan yang biasanya dinikmati pas malam pergantian tahun baru adalah dengan makan jagung bakar. Bisa juga dengan bakar ikan, bakar ubi, atau kacang rebus. Anda juga dapat melengkapi dengan minuman yang menghangatkan badan. Seperti wedang ronde, bandrek, atau bisa juga dengan kopi dan teh hangat.

Naah, cukup di rumah Anda bisa merayakan malam pergantian tahun baru dengan budget yang murah dan meriah kan..!! Tidak ada yang lebih menyenangkan dari merayakan tahun baru 2014 dengan keluarga di rumah.

Bagaimana jika Anda bahkan enggak punya rencana untuk merayakan malam pergantian tahun? Jangan khawatir, bahkan saya punya solusi yang terbaik untuk Anda. Apa itu ya?

Solusi saya, Anda bisa introspeksi diri Anda terhadap sepak terjang Anda selama tahun 2013 kemarin dan kemudian lengkapi dengan beribadah, berdoa, dan menulis resolusi Anda di tahun 2014 mendatang.

Lho, kok gitu solusinya? Enggak ada makan-makan dan tiup terompet atau kembang api ya. Mana serunya?

Ya, itu adalah cara terbaik dalam menyambut tahun baru 2014. Anda bisa memulai dengan mengevaluasi atau introspeksi diri Anda selama melewati tahun 2013 yang akan kita tinggalkan sebentar lagi. Apakah kita benar-benar telah menggunakan waktu kita di tahun 2013 dengan baik atau malah kita melewatkannya dengan banyak kegagalan dan kesalahan?

Manfaat yang dapat kita ambil melalui kegiatan evaluasi dan instrospeksi adalah kita bisa menghindari kesalahan yang di tahun 2013 agar tidak terjadi di tahun 2014. Sehingga kita bisa menjadikan tahun 2014 lebih baik dari tahun 2013. Kita juga akan terhindar dari sifat sombong. Karena Anda tidak mungkin bilang bahwa Anda enggak melakukan kesalahan dan kegagalan sama sekali kan? Kecuali Anda orang sombong atau Anda malaikat. Sayangnya Anda manusia biasa yang tidak luput dari kesalahan.

Kegiatan yang mungkin bisa Anda lakukan adalah beribadah dan berdoa pada malam pergantian tahun 2014 ini. Saya tadi siang pas sms'an dengan cewek pujaan hati saya (ciyee... ciyeee... ), dia bilang kalau malam pergantian tahun kali ini bertepatan dengan malam rabu suro yang katanya akan ada banyak celaka dan bukan waktu yang bagus untuk keluar rumah. Itu salah satu alasan mengapa saya tidak keluar rumah, selain alasan hujan.

Jadi maksud saya, kita bisa beribadah dan berdoa kepada Allah SWT supaya kita bisa diampuni dosanya selama tahun 2013 dan supaya Allah memberikan banyak barokah dan anugerahnya di tahun 2014 yang akan datang. Kita juga bisa berdoa pada Allah supaya kita terhindar dari celaka sepanjang tahun 2014 nanti. Amiiiin ya robbal 'alamiin.

Tuuuch kan, banyak manfaat dan hikmah yang kita dapat dari kegiatan beribadah dan berdoa pada malam pergantian tahun ini. Baiklah, solusi terakhir dan paling penting menurut saya adalah menyiapakan dan menuliskan resolusi kita pada tahun 2014.

Pernahkah mendengar apa yang dinamakan resolusi hidup? Ya, resolusi hidup adalah sebuah perencanaan yang akan atau ingin kita capai ke depan. Perencanaan tersebut bisa berupa pendidikan, bisnis, jodoh, dan lain-lain. Dengan adanya beberapa perencanaan tersebut, kita bisa mengingat dan menguatkan tekat untuk mewujudkannya.

Namun, apakah Anda sempat berpikir mengenai manfaat resolusi bagi kita? Manfaatnya tentu saja hidup kita jauh lebih terarah. Memiliki sebuah resolusi pun tak perlu bertele-tele. Namun yang perlu diingat ialah resolusi haruslah disesuaikan dengan kemampuan kita.

Anda bisa menuliskan resolusi Anda yang realistis dan yang mungkin bisa Anda capai di tahun 2014. Ingat lho ya, resolusi yang realistis aja ya. Jangan merencanakan yang tidak mungkin Anda capai dalam setahun ke depan. Manfaatnya adalah supaya hidup Anda punya tujuan dan terarah. Anda akan puas jika melihat satu per satu daftar resolusi Anda sudah terlaksana dengan baik, sehingga di akhir tahun 2014 Anda bisa tersenyum dan bangga. Selanjutnya Anda bisa membuat resolusi lagi.

Salah satu rahasia orang-orang sukses di dunia adalah membuat perencanaan dan mewujudkan rencana itu.

Naaah, saya rasa cukup sekian cuap-cuap saya tentang perayaan malam pergantian tahun baru 2014 kali ini. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Hadeeh, hujan enggak reda juga ya. Hehehe...

Mengakhiri artikel ini, saya ucapkan SELAMAT TAHUN BARU 2014.  

0 komentar:

Poskan Komentar

Design by Abdul Munir Visit Original Post Islamic2 Template